Thursday, April 27, 2006

Bulan depan ke Nunukan

Gak kebayang, bulan depan bakal jalan ke Nunukan buat "field study" bersama tim Penduduk dan Kemiskinan PPK LIPI. Tim kali ini berjumlah 4 orang dan saya adalah satu-satunya anggota termuda, yang benar-benar masih "nol" dalam hal penguasaan medan di daerah perbatasan. Seru sih, bayangan saya nantinya *dan semoga begitu kenyataannya* karena kami berempat akan menjelajah daerah-daerah perbatasan Kaltim dan Malaysia selama 2 minggu. Persiapan kami pun hampir 100 % selesai, dan harus selesai minggu depan *paling lambat*, sebab kami berangkat tanggal 7. Dulu, sebelum saya bekerja di LIPI, pernah berangan-angan pergi ke tempat-tempat baru yang belum saya kunjungi, keliling negeri ini dan keliling dunia suatu kali. Alhamdulillah, bekerja di LIPI memberi saya kesempatan untuk belajar banyak mengenai masalah-masalah kependudukan di Indonesia *duh..berat ya kerjaan di LIPI??* walau sampai detik ini sepertinya gak banyak yang berubah. Makin kompleks dan beragamnya permasalahan kependudukan di negeri ini, merupakan tantangan bagi kami. Sebab apa yang kami teliti selama ini adalah masukan dari pihak pemerintah.
Jadi, apapun dalihnya, kami sebagai pekerja di lembaga penelitian pemerintah, tetap berusaha untuk membantu semampu kami dalam memperbaiki kondisi kependudukan di Indonesia, bukan dengan hal yang besar dan muluk-muluk, tapi dengan banyak menganalisa dan memberikan rekomendasi pada pemerintah. Dan setelah itu, kembali lagi pada pemerintah, bagaimana akan memanfaatkan hasil-hasil penelitian kami kelak.
Buat semuanya, doakan saya ya...*hehehehe* semoga akan bertahan di LIPI.

No comments: