Thursday, August 31, 2006

Berkendara Motor Aman dan Nyaman Bagi Para Wanita di Jakarta


Gambar Chepi

Uppssss, secara nih, tiap hari naek motor kesayangan saya si Chepi, makanya saya pengen berbagi pengalaman ttg bagaimana berkendara motor yang aman dan nyaman di Jakarta. Duuuhhh, kebayang gak sih, di Jakarta yang jalannya super padat gitu, naek motor???
Dari dulu, sejak saya duduk di bangku SMP, saya udah suka naek motor, walau saat itu masih belajar dan masih suka nabrak tembok *hiihihihii gara-gara gak bisa ngerem*. Tapi, yang namanya proses belajar ya gitu itu, pasti banyak ngalami hal-hal baru dan pasti menyenangkan.
Jadi, setelah saya mengalami dan merasakan bagaimana berkendara motor di Jakarta, Semarang, Jokja, Purbalingga dan Purwokerto *upssss kayak tur aja*, ya sejatinya emang cuman di Jakarta aja yang lebih membutuhkan kesabaran ekstra dalam berkendara. Hal itu yang gak lain dan gak bukan karena begitu padatnya jalanan di Jakarta ditambah begitu nekadnya para pengguna jalan, baik sopir metromini atau sopir kendaraan pribadi.

Beberapa hal yang bisa diterapkan dalam berkendara motor di Jakarta, khususnya bagi para wanita :

1. Gunakan penutup wajah, bisa syal atau masker yang udah banyak dijual di mana-mana, hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa sesak akibat polusi asap buangan dari knalpot kendaraan lain. Selain itu, wajah lebih terlindungi dari panas matahari, dan menghindar dari lirikan mata laki-laki hehehhee kan jadi penasaran tuh kalo liat wajah cewek ditutupi???

2. Gunakan kaos tangan, bukan kaos kaki dipakai di tangan lho! Kaos tangan, untuk saya pribadi sih emang berguna menambah kenyamanan saat tangan sedang melekat pada kedua sisi stang kendaraan, jadi gak licin dan gak berkeringat. Selain itu juga untuk menutupi dan melindungi tangan dari sengatan matahari *lagi-lagi gak mau jadi hitam legam gara-gara naik motor hehehehe* Kaos tangan yang nyaman pun bisa dirasakan jika tidak terlalu kebesaran ukurannya, karena kalau kedodoran juga percuma, kan tangan jadi berasa aneh...Biasanya kaos tangan ini bisa dibeli di toko-toko outdoor equipment, rata-rata memang digunakan untuk kebutuhan outdoor gitu. Dan satu lagi, jadi keliatan keren kalo pake kaos tangan hehehehe

3. Gunakan helm yang pas dengan ukuran kepala kita, jangan terlalu sempit atau terlalu longgar. Dan jangan sekali-kali menggunakan helm orang lain tanpa permisi...bisa dikejar-kejar sekuriti hehehehe. Dulu saya pernah mengalami hal itu, jadi pas lagi parkir Chepi di pinggir jalan, helm saya disamber orang tak bertanggungjawab. Kontan saja saya jadi marah, langsung tuh Chepi saya gas kebut-kebutan ama si maling, ampe saya gak sadar kalau saya gak pake helm eh, begitu ada Om Polisi, saya ngadu habis-habisan, biar gak ditilang juga siy....Jadi, lindungilah helm kita sebisa mungkin. Bisa di "cantol" kan di jok motor atau dititipin aja di penitipan helm, atau kalao mau ya ditenteng sana sini....

4. Sebelum benar-benar berkendara, cek terlebih dahulu kelengkapan surat-surat motor kita, supaya kalau ada razia "orang-orang manis" dadakan dijalan, kita gak bakal panik..

5. Nah, karena jalanan di Jakarta itu super padat dan macet, kita harus pandai memilih jalan "tikus" alias jalan kecil lewat gang-gang sempit atau jalan pintas. Seperti saya dulu, tak sengaja nemu jalan tikus menuju kantor gara-gara keisengan saya ngikuti mobil yang kebetulan ada di depan saya. Terlalu PD sih, tapi Alhamdulillah tujuan kami sama. Jadi, intinya, "Iseng juga manusia ..." hehehe

6. Nah kalo udah punya jalur khusus lewat jalan tikus, ada lagi yang mesti dperhatikan, yaitu kecekatan dalam menyalip. Karena hal ini mempengaruhi diomeli tidaknya kita oleh orang-orang bermobil mewah yang juga lewat jalan tikus tadi. Biasanya, mereka gak mau ngalah, mentang-mentang mobilnya bagus, jadi yang naek motor suka jadi kalah-kalahan. Itulah kenapa kita butuh kecekatan dalam menyalip. Biar gak nyenggol hehehehe. Dan jika sampe nyenggol, ada trik nih biar kita gak diomelin di depan publik, caranya : langsung kasih senyum paling manis aja sambil ngacir pergi, pastinya beres tuh...

7. Sekali-kali boleh aja kok kita kenalan ama sesama pengendara motor kalau lagi nunggu lampu merah...hehehehe jadi perjalanan kita dijamin gak membosankan secara banyak banget tuh motor-motor keren yang berslewiren di jalanan, dan kadang mereka juga iseng kok suka nanya ke saya "Mbak, Semarangnya mana?" hehehehe yalah, secara Chepi kan asli lahir di Semarang....

Lanjutannya besok-besok ah, kalo moodnya ada :D




No comments: